kritiktajam.com
Berita Terkini

Mahfud Md Dilaporkan ke Bawaslu Buntut Pose 3 Jari dengan Pilot Garuda

Jakarta, Kritiktajam.com – Calon wakil presiden nomor urut 3, Mahfud Md, dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) karena terlibat dalam sebuah foto bersama pilot di kokpit pesawat maskapai Garuda. Tuduhan yang diajukan adalah bahwa tindakan tersebut merupakan upaya pencurian start kampanye sebelum masa kampanye resmi Pemilihan Presiden 2024 dimulai pada 28 November mendatang.

Laporan ini diajukan oleh kelompok yang mengatasnamakan Aliansi Pengawas Pemilu atau Bawaslu pada Selasa, 21 November 2023. “Kami menduga Mahfud Md telah memulai kampanye karena dia berpose bersama dua pilot Garuda menggunakan simbol tiga jari,” ujar Ketua Bawaslu, Muhammad Mualimin, di Bawaslu.

Mualimin menjelaskan bahwa pose tiga jari dianggap sebagai upaya kampanye karena menjadi bagian dari citra diri Mahfud Md sebagai calon wakil presiden nomor urut 3 dalam Pemilihan Presiden 2024. Dalam laporannya, Mualimin melampirkan tangkapan layar foto Mahfud Md dengan pilot Garuda tersebut, yang diambil dari akun Instagram pribadi Mahfud pada tanggal 16 November 2023.

Selain karena mencuri start kampanye, Mualimin menilai unggahan tersebut tidak patut karena pilot Garuda merupakan karyawan BUMN. “Itu kan ada keterangan di akun instagramnya Mahfud Md bahwa itu adalah pilot Garuda yang kita tahu itu adalah BUMN, dan BUMN itu adalah perusahaan yang bagian dari milik negara,” ujar Mualimin.

Dalam laporannya, Mualimin menyatakan bahwa Mahfud Md diduga melanggar Pasal 27 ayat 1 Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilihan Umum. Aturan tersebut menetapkan bahwa kampanye Pilpres dapat dimulai 15 hari setelah pasangan calon presiden-wakil presiden resmi ditetapkan.

Mualimin juga mengajukan permohonan kepada Bawaslu untuk mengambil tindakan terhadap dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh Mahfud Md. Dia menekankan pentingnya agar setiap pengaduan seperti ini tidak hanya dikumpulkan di Bawaslu tanpa adanya langkah konkret.

Sebelumnya, Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, menyatakan bahwa insiden foto bersama Mahfud dengan pilot juga menarik perhatian perusahaan. Ia menyatakan niat untuk mengingatkan seluruh karyawan agar tetap menjaga semangat netralitas, khususnya menjelang Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024.

“Kami juga telah memanggil awak penerbang tersebut untuk menjelaskan kejadian tersebut,” kata Irfan saat dihubungi, pada Sabtu, 18 November 2023.

Baca Juga : Mahfud MD Berfoto Bersama Pilot Garuda Indonesia dengan Salam Tiga Jari

Yuk dapatkan informasi terupdate berita polpuler harian dari kritiktajam.com. Untuk kerjasama lainya bisa kontak email dan sosial media kami lainnya!

Related posts

Mengapa #DamaiPascaPemilu Menjadi Fondasi Kehidupan Berbangsa?

Dian Purwanto

Intimidasi Terhadap Seniman Butet Kartaredjasa dan Agus Noor di Tengah Pertunjukan Politik

Salma Hn

PDIP Pecat Bobby Nasution sebagai Kader PDIP

Salma Hn

Leave a Comment